Aplikasi Wujudkan Transparansi Keuangan Daerah

Aplikasi Wujudkan Transparansi Keuangan Daerah

Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Pendapatan Keuangan Daerah siap terapkan sistem keuangan berbasis akuntabel, transparan dengan pengelolaan salah satunya melalui aplikasi Spektra.

 

Mulyani sebagai Sekertaris Badan Pendapatan Keuangan Daerah Kota Tangerang mengatakan capaian prestasi tentu harus semakin meningkatkan semangat dalam bekerja dalam melayani masyarakat dan memperkuat sistem akuntabilitas dengan perangkat pendukung yaitu aplikasi

 

"Kami sedang bangun dan terapkan perangkat pendukung laporan keuangan agar saling terintegrasi satu sama lain," ujarnya.

 

Adapun aplikasi untuk pengembangan sistem keuangan daerah yang telah dilakukan adalah dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Sistem Informasi, Evaluasi dan Pelaporan Sievlap serta Sistem Akuntansi Akrual (Spektra) sebagai wujud tata kelola keuangan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas.

 

Spektra telah diterapkan sejak tahun 2013 berbasis akrual secara online. Melalui sistem ini setiap proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan akan tercatat dan menghasilkan data yang akurat serta dapat disajikan dengan jelas dan detail.

 

Selain menerapkan aplikasi spektra, BPKD pun akan terapkan sistem paperless kedepannya sehingga menggurangi penggunaan kertas dalam setiap pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan.

 

"Kami akan terapkan sistem teknologi sehingga semua data mengenai keuangan dapat dilihat melalui aplikasi" paparnya.