Bantu Verifikasi Data Warga Penerima Bansos Covid-19, Kominfo Kota Tangerang Gunakan Aplikasi Sigacor

Bantu Verifikasi Data Warga Penerima Bansos Covid-19, Kominfo Kota Tangerang Gunakan Aplikasi Sigacor

TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah menerjunkan 1.204 pegawai untuk membantu verifikasi data warga penerima bantuan Covid-19. 

"Kurang lebih ada 1.204 pegawai yang kita wajibkan untuk melakukan pembinaan wilayah (binwil). Mereka kami sebar di 104 kelurahan di Kota Tangerang," tutur Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang, Indri Astuti dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Indri mengatakan, selain melakukan verifikasi data, para pegawai tersebut sebelumnya juga ditugaskan untuk menyosialisasikan penanganan Covid-19 kepada masyarakat termasuk menjadi pembina Kampung Siaga Covid-19 yang ada di 104 kelurahan di Kota Tangerang.

Untuk membantu verifikasi data tersebut, lanjut Indri, Pemkot juga telah membuat aplikasi. Aplikasi tersebut menjadi bagian dari Aplikasi SiGacor (Aplikasi Siaga Cegah Corona) yang terlebih dahulu diluncurkan.

 "Dinas Kominfo sudah bangun aplikasinya, dari kemarin sudah bisa dimanfaatkan oleh pegawai yang melakukan pembinaan wilayah dan juga Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)," kata Indri. 

Dari aplikasi tersebut, petugas bisa langsung verifikasi data penerima bantuan yang sudah dilakukan verifikasi. Indri menerangkan bahwa ada beberapa fitur dalam aplikasi yang memudahkan PSM maupun ASN dalam mendata warga calon penerima bantuan. 

Di antaranya fitur identitas penerima yang sudah terintegrasi dengan data kependudukan dan juga fitur koordinat gps yang menunjukkan alamat penerima. Petugas tidak perlu melakukan input data lagi, Indri mengatakan petugas hanya perlu memasukan Nomor Induk Kependudukan yang nanti nama dan alamat langsung muncul.

 "Kemudian upload Foto KK dan KTP termasuk Foto Rumah calon penerima, terus klik statusnya layak atau tidak layak menerima bantuan, terus tinggal upload semua datanya," ujar Indri. 

Sementara itu, Kepala Dinas kominfo Kota Tangerang, Mulyani, mengatakan, aplikasi Sigacor ialah aplikasi yang diperuntukan bagi aparatur terdepan dalam pelayanan di wilayah (RT/RW) agar dapat mengontrol dan melaporkan terkait perkembangan wabah Covid – 19.

“Aplikasi ini diperuntukkan bagi para Ketua RT dan Ketua RW, untuk membantu penanganan wabah Covid – 19,” ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (08/04).

Aplikasi Sigacor memuat berbagai fitur yang dapat membantu RT/RW memantau kondisi dan kebutuhan masyarakat selama pandemi ini. Di dalamnya terdapat fitur data jumlah masyarakat yang terdampak, informasi soal lumbung pangan, nomer telepon darurat, dan juga sistem informasi kesehatan warga.

“Aplikasi ini sangat membantu aparatur di lapangan (RT/RW) dalam memantau kebutuhan tiap masyarakat terdampak, hingga penanganannya lebih cepat dan tepat,” imbuhnya.

Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/29/19315471/bantu-verifikasi-data-penerima-bantuan-covid-19-pemkot-tangerang