Diskominfo Kota Serang Ekspose Indeks Kinerja Pembangunan

Diskominfo Kota Serang Ekspose Indeks Kinerja Pembangunan

SERANG  – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang pada hari Selasa, 13 Oktober 2020 mengadakan pembahasan mengenai Ekpose Pengukuran Indikator Kinerja Pembangunan yang bertempat di Kantor Diskominfo Kota Serang.

Pada acara tersebut dihadiri Sekretaris Diskominfo, H. Fathurrohman beserta jajarannya dan akademisi dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa yang telah sebelumnya melaksanakan survey mengenai akses informasi dan komunikasi di masyarakat.

Setiap tahunnya, indikator kinerja pembangunan ini diadakan untuk mengukur tujuan sasaran pokok setiap organisasi perangkat daerah (OPD).      

Pada pembahasan kali ini, sebagian besar capaian Indikator Kinerja Pembangunan di Bidang Komunikasi dan Informatika telah melebihi target, yaitu dalam hal cakupan layanan telekomunikasi, presentasi penduduk yang menggunakan telepon dan atau telepon seluler, dan proporsi rumah tangga dengan akses internet.

Namun, ada pula indikator yang belum mencapai target seperti cakupan pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di tingkat kecamatan yang baru mencapai 74% dari target 82%, serta proporsi komputer pribadi di rumah tangga yang baru mencapai 29.6% dari target 45%.

Capaian Indikator Kinerja ini telah dikalkulasi dari survey yang melibatkan 400 responden dari seluruh kelurahan, OPD, dan seluruh masyarakat. “Dengan adanya indikator ini, kita jadi tahu perkembangan kita sudah sampai mana. Yang kurang akan kita kejar untuk tahun depan,” ujar Sekretaris Diskominfo.