Diskominfo Kota Serang Gelar Bimtek Aplikasi Kawal Dana Kelurahan

Diskominfo Kota Serang Gelar Bimtek Aplikasi Kawal Dana Kelurahan

SERANG - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang melnggelar bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Kawal Dana Kelurahan (Sikadal) bersama 67 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh kelurahan se-Kota Serang, di Kantor Dinas Kominfo Kota Serang, Rabu 12/02/2020.

Para peserta yang merupakan pejabat kelurahan yang menangani dana kelurahan di masing masing kelurahannya itu, diberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan aplikasi Sikadal tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Kota Serang, W Hari Pamungkas menerangkan, berdasarkan amanat Permendagri nomor 130 tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan, disebutkan bahwa pengelolaan dana kelurahan harus dilakukan secara transparan atau terbuka.

Sementara untuk penentuan kegiatan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, lanjut Hari, dilakukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan.

Sementara dalam mekanisme penganggarannya, pemerintah daerah kabupaten/kota mengalokasikan aAPBD kabupaten/kota untuk pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan.

"Dengan diselenggarakannya kegiatan Bimtek SiKadal ini, diharapkan pengelolaan dana kelurahan dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.