Diskominfo Kota Tangerang Fasilitasi Masyarakat Daftar Bansos Lewat Aplikasi

Diskominfo Kota Tangerang Fasilitasi Masyarakat Daftar Bansos Lewat Aplikasi

TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Diskominfo membuka pendaftaran secara mandiri penerima Bantuan Sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terdampak Covid 19. Pendaftaran tersebut dibuka menyusul masih adanya warga kurang mampu terdampak Covid 19, yang belum terdata.

"Masyarakat yang belum terdata bisa mengajukan secara mandiri melalui aplikasi Tangerang Live," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang, H. Mulyani.

Aplikasi tersebut, lanjut Mulyani, hanya bisa diakses di smartphone android dan bisa didownload secara gratis di play store.

"Masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai calon penerima Bansos secara mandiri sekaligus bisa juga mendaftarkan orang lain yang dianggap layak. Khusus pengajuan untuk orang lain dibatasi maksimal 3 (tiga) KK," paparnya.

Kebijakan ini, lanjut Mulyani, menjadi upaya Pemkot untuk memudahkan masyarakat yang benar-benar terdampak Covid 19 secara ekonomi, mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Sebelumnya, Kominfo sudah bikin aplikasi SiData untuk verifikasi data penerima bansos, termasuk juga SiGacor untuk pendataan penerima bansos bagi ketua RT dan RW," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang E-government Dinas Kominfo Kota Tangerang, Adi Zulkifli  menjelaskan,  pengajuan mandiri penerima Bansos sangat mudah, cukup buka aplikasi Tangerang Live, pilih menu permohonan Bansos di Layanan Kesra dan isi form isian datanya. 

"Sedang untuk pengajuan bagi orang lain, bisa pilih List Pengajuan Orang Lain. Nanti tinggal tunggu verifikasi dari petugas, notifikasinya nanti juga dikirim ke yang mengajukan," jelasnya.

Sumber: https://diskominfo.tangerangkota.go.id/#!/contentleft/artikel/detailheadline/4778/Kabar-Gembira-Masyarakat-Bisa-Daftar-Bansos-Covid-19-Lewat-Aplikasi-Tangerang-Live