Fasilitasi Warga, Diskominfo Tangsel Pasang Wifi di Ratusan Lokasi

Fasilitasi Warga, Diskominfo Tangsel Pasang Wifi di Ratusan Lokasi

TANGERANG - Internet merupakan salah satu hal yang penting, terlebih dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Adanya pandemi ini menharuskan masyarakat untuk tetap berkegiatan namun dirumah saja. Setiap kantor menerapkan sistem Work From Home (WFH) bagi pegawainya, serta sekolah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan metode daring untuk pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan Internet berperan sangat penting selama masa Pandemi Covid-19.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan sejak sebelum masa Pandemi Covid-19 telah memfasilitasi warganya dengan memberikan akses Wifi Gratis di 229 Lokasi yang terdiri dari 300 perangkat Wifi Hotspot (Access Point) yang tersebar diseluruh wilayah Tangerang Selatan. Fasilitas ini dahulunya diberikan kepada masyarakat agar dapat dengan mudah mengakses kesetiap Pelayanan Publik Online yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan, atau untuk menumbuhkan industri-industri kreatif di masyarakat. Namun pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat guna membantu pekerjaannya yang menjalankan sistem WFH serta Siswa yang harus menghadapi pembelajaran via daring.

Fasilitas Wifi gratis tersebar diruang terbuka publik seperti taman, tempat rekreasi, balai warga, masjid, aula kelurahan, pasar, puskesmas dll. Warga dapat menikmati wifi gratis dengan kecepatan akes wifi yang disediakan hingga 20Mbps. Untuk mencegah penyalahgunaan, Diskominfo Kota Tangerang Selatan bekerjasama dengan Telkom untuk memfilter, akses warga, sehingga menhindari situs-situs yang terlarang.

Hal ini juga menjadi salah satu usaha Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam mewujudkan Smart City di Kota Tangerang Selatan. Dengan adanya fasilitas Wifi gratis, Kominfo berharap dapat membantu meringankan beban warganya dalam mengatasi kebutuhan internet. Serta layanan wifi tersebut dapat digunakan warga dengan sebaik-baiknya.