Gelar Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional, Kadiskominfo Banten Ajak Bangun Kebersamaan Melawan Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

Gelar Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional, Kadiskominfo Banten Ajak Bangun Kebersamaan Melawan Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

SERANG - Pertunjukan virtual kesenian tradisional KPC PEN Pertunjukan Rakyat (Petunra) Banten sukses digelar dengan mengusung tema "Seni tradisi bergerak demi bangsa (sehat kuat, kita bangkit) Banten Makalangan". Kegiatan ini digelar di aula Disbudpar Banten dengan mematuhi protokol kesehatan, Kamis 19/11/2020.

Berdasarkan hasil pantauan, kegiatan ini diawali dengan tari Benteng Banten. Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni tradisional berupa
kolaborasi tari musik dan drama "Gawe Kuta Banten Bangkit".

Kolaborasi tari musik dan drama ini didalamnya menyampaikan pesan agar masyarakat tetap semangat meski ditengah pandemi Covid-19, disertai dengan menjaga imunitas tubuh serta tetap mematuhi protokol kesehatan atau 3 M.

Dalam drama juga disampaikan informasi bahwa di beberapa daerah di Banten status wabah Covid-19 yang tadinya zona merah saat ini menjadi zona orange. Selain itu, disampaikan pula bahwa pemerintah saat ini tengah mempersiapkan vaksin Covid-19.

Video  Pertunjukan virtual kesenian tradisional: KLIK disini

Dalam sambutannya, Kadiskominfo Banten Eneng Nurcahyati, menyampaikan pesan dan salam dari Gubernur Banten Wahidin Halim dan wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Kata Eneng, Gubernur dan Wagub hingga saat ini terus berupaya secara maksimal dalam memutus mata rantai Covid-19 serta melakukan upaya-upaya pemulihan ekonomi akibat dampak Covid-19 yang hingga saat ini masih merebak.

"Harapan beliau kepada kita semuanya agar secara bersama-sama melawan Covid-19. Beliau juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, Satgas dari tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dan seluruh unsur serta masyarakat atas dedikasi dan upaya terbaik yang telah dilakukan sejak bulan Maret hingga saat ini bersama-sama melawan Covid-19," paparnya.

Atas nama pemerintah provinsi Banten, Eneng juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) yang telah memfasilitasi berbagai program dan kegiatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi di seluruh Indonesia khususnya di Provinsi Banten.

"Melalui komunikasi publik mudah-mudahan agenda ini dapat memenuhi harapan bersama yaitu terjadinya pemahaman masyarakat. Karena, melalui komunikasi publik dengan mekanisme penyampaian informasi dan komunikasi secara sistematis, massif dan terstruktur dalam berbagai kegiatan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan peran aktif serta dukungan masyarakat dalam program penanganan covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Pertunjukan seni tradisional di Banten, lanjut Eneng, diawali dengan mengambil tema "Banten Makalangan". Hal ini menggambarkan sebuah kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat untuk membangun daerah, termasuk juga dalam penanganan covid 19.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa hingga saat ini kondisinya masih belum stabil, (kasus Covid-19) masih naik turun dan tentu saja ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama, bukan saja pemerintah tetapi juga masyarakat," imbuhnya.