Kabid IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang Hadiri Acara Puncak HPN di Banjarmasin

Kabid IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang Hadiri Acara Puncak HPN di Banjarmasin

TANGERANG - Kepala Bidang Informasi (KIP) dan Komunikasi Publik Dinas Komunikssi dan Informatika Kabupaten Tangerang Abdul Munir SP, M.Si menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (8/02/2020).

Kehadiran Kabid IKP di acara puncak HPN tahun 2020 di Kalimantan Selatan tersebut mewakili pemerintah Kabupaten Tangerang dan juga hadir bersama rombongan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang yang diketuai Sangki Wahyudin.

HPN tahun 2020 mengusung tema ”Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Gerbang Ibu Kota Negara”, dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan didampingi beberapa menteri kabinet

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikssi dan Informatika Kabupaten Tangerang Abdul Munir SP, M.Si mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2020 khususnya buat wartawan di Kabupaten Tangerang, acara yang di pusatkan di Kota Banjarbaru ini sangat meriah.

"Acara dipusatkan di halaman kantor Gubernur Kalsel yang baru. Hadir langsung pak jokowi dan beberapa menteri," kata Munir

Lanjut Mujir, insan pers khususnya di Kabupaten Tangerang merupakan mitra pemerintah daerah, dan berperan strategis dalam mengawal serta mengawasi pelaksanaan pembangunan.

Masih kata Munir putra kelahiran Kabupaten Dompu NTB ini melanjutkan, bahwa insan pers yang bertugas di Kabupaten Tangerang harus dapat memahami dan mentaati Undang-Undang (UU) Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Di dalam UU itu, pers harus memiliki dan mentaati kode etik jurnalistik, yang merupakan himpunan etika kewartawanan.

”Saya ingin insan pers di Kabupaten Tangerang selalu memberikan informasi yang valid, memberitakan secara berimbang, sehingga berita yang di hasilkan sesuai aturan pers” ucap nya

Ketua PWI Pusat Atal Depari, mengatakan dalam sambutan nya Hari Pers Nasional (HPN) 2020 merupakan agenda tahunan yang digelar sebagai wahana perkumpulan wartawan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk HPN 2020 diselenggarakan di pusatkan Kantor Gubernur Pemerintahan Kalimantan Selatan mengusung tema "Pers Menggelorakan Kalsel, Gerbang Ibu Kota Indonesia".

Terkait tema tersebut untuk menunjukkan Kalimantan Selatan sebagai wilayah strategis dan sebagai gerbang menuju Kalimantan Timur yang merupakan Ibu Kota Negara Indoneaia yang baru.

Dalam sambutannya, Atal mengatakan hadirnya negara saat ini yang menjamin persaingan pers dengan perkembangan media yang semakin maju.

"Terima kasih Pemerintah yang telah melindungi media massa demi keberlangsungan dunia pers," ungkap nya.

Acara HPN 2020 ini, diharapkan akan memperkuat 4 kesinambungan. Pertama, menjalin sambungan silaturahim  antara para insan pers. Sehingga wartawan dari seluruh Indonesia dapat berkumpul diacara HPN 2020.

Kedua, menyambung masa lalu, masa kini dan masa depan. Pers harus berkembang dan selalu mempertimbangkan perjuangan pers masa lau, sehingga pers tetap berjalan pada masa kini dan masa depan.

Selanjutnya, menyambungkan Kal-Sel dengan Ibu Kota Negara yang baru. Dan yang terakhir yaitu menyambungkan batin dalam menyampailan kritik.

Sementara Presiden  Joko Widodo dalam sambutan mengatakan bahwa pers merupakan temannya sehari-hari.

"Saya berteman dengan wartawan sehari-hari, karena wartawan selalu ikut kemana saya berada," ujar Presiden.

Pemerintah akan segera menyusun draf regulasi dan aturan yg dapt meproteksi dan melindungi  dewan pers.

"Saya tahu pers telah berjuang untuk bangsa, pers bekembang untuk Indonesia maju," kata Presiden

 Sehari sebelum acara puncak HPN yaitu pada hari Jumat sore (7/2/2020), terlebih dahulu dilakukan pembukaan acara Expo Media Pers yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang sejarah perkembangan media pers yang ada di Indonesia.

Bertempat di Taman Siring Nol Kilometer Banjarmasin, masyarakat ditunjukkan perkembangan media mainstream, hingga era digitalisasi saat ini. Selain itu terdapat produk lokal kerajinan UMKM serta pemerintah daerah se Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan. Ia mengatakan, melalui momentum ini diharapkan memberi dampak terhadap peningkatan usaha kecil di banjarmasin.

“Expo hari ini akan jadi manfaat bagi pembangunan daerah. Di media, kita lihat perkembangan sedemikian rupa, dan bagaimana kemajuannya. Di sini bisa interaksi pengusaha UMKM, pers jurnalis, dengan harapan bisa berkolaborasi meningkatkan perkembangan UMKM di Banjarmasin,” ujarnya. (Rls)