'Ngaos', Program Literasi Digital Relawan TIK Banten Diapresiasi Kadis Kominfo SP

'Ngaos', Program Literasi Digital Relawan TIK Banten Diapresiasi Kadis Kominfo SP

SERANG - Kepala Dinas Kominfo SP Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menjadi narasumber pada kegiatan literasi digital "Ngobrol Asyik Online Selama Pandemi Covid-19" (Ngaos) yang digelar Relawan TIK Banten via video conference, Selasa 19/5/2020 siang.

Tema yang diusung  "Membangun Optimisme dan Ketahanan Pangan Modal Ketahanan Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19". Selain Kadis Kominfo, hadir narasumber lainnya dr. Tifauzia Tyassuma, selaku Epidemiolog Klinis, Pakar dan Praktisi Nutrisi Kardiometabolik, Founder dan Penulis Buku Fenomenal "Body Revolution" & "Nutrisi Surgawi".

Eneng Nurcahyati mengungkapkan, kegiatan Ngaos yang diinisiasi oleh Relawan TIK Banten ini menurutnya sebuah langkah kreatif di tengah pandemi yang patut diapresiasi. Di tengah kondisi saat ini, menurutnya semua pihak dan masyarakat harus dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

"Saya memberikan penghargaan dan apresiasi atas dilaksanakannya literasi digital ini. Mudah-mudahan dalam diskusi ini banyak hikmah yang kita dapatkan. Semoga kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat," katanya.

Berkaitan dengan tema Ngaos, Eneng Nurcahyati mengungkapkan bahwa dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini, masyarakat terbagi menjadi dua sisi, ada yang siap ada yang tidak, ada yang pesimis ada juga yang optimis.

Dengan itu ia mendorong kepada semua pihak dan masyarakat agar selalu siap dan optimistis dalam menghadapi wabah ini. Sejatinya, kata Eneng, rasa optimisme itu harus tetap dirawat dan kita jaga, bahakan ditularkan kepada orang lain.

"Kita harus selalu optimis pasti bisa melewati masa pandemi ini. Ingat, optimis ini mampu meningkatkan imunitas, jangan sampai daya tahan tubuh kita menurun, pengaruh rasa optimisme terhadap peningkatan imunitas ini korelasinya sangat tinggi sekali. Maka tetaplah optimis," paparnya.

Kang Aji, Ketua Relawan TIK Banten mengungkapkan bahwa kegiatan Ngaos yang digelar kali ini merupakan yang kedua. Sebelumnya dilaksankan pada Sabtu (16/5) lalau dengan mengusung tema "Suka duka orang tua dan anak saat belajar #DirumahAja". 

"Ngaos ini diharapkan menjadi lentera penerang sebagai ajang edukasi bagi masyarakat. Saat mengikuti acara, para peserta bisa live chat dengan mengirimkan pertanyaan, bagi penanya yang beruntung akan mendapatkan door prize," kata Aji.

Sementara itu, dr. Tifauzia Tyassuma meminta kepada masyarakat untuk tetap optimis serta waspada. Ia mengingatkan bahwa kasus positif Covid-19 di Indonesia bukan hanya yang resmi diumumkan oleh pemerintah, namun menurutnya masih banyak.