Tangani Covid-19 Secara Cepat, Pemkot Serang Siap Maksimalkan Pelayanan Digital

Tangani Covid-19 Secara Cepat, Pemkot Serang Siap Maksimalkan Pelayanan Digital

SERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengikuti acara Live Zoom Cloud Meeting Webinar Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Indosat Ooredoo dengan Tema 'siap hadapi new normal dengan smart city berinfrastruktur teknologi cerdas dan aman di kantor Diskominfo Kota Serang.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, pada intinya kegiatan ini membahas bagaimana cara penanganan Covid-19 dengan teknologi digital (smart city) dan penanganan secara cepat. "Sebetulnya di Kota Serang juga sudah hanya belum maksimal. Seperti aplikasi coment centre, Siaga 112, Rabeg dan lainnya. Kegiatan ini membahas penanganan Covid-19 menggunakan teknologi dengan cepat," kata Syafrudin kepada awak media.

Kata dia, Kota Serang sudah melangkah melakukan penanganan Covid-19 ini menggunakan sistem digital melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang. "Sarana sudah ada, jadi kalau menurut saya Kota Serang sudah memenuhi standar smart city, kalau pun memang belum maksimal," jelasnya.

Adanya belum maksimalnya itu, kata Syafrudin, adalah cara penanganan saja. Karena menurut dia, penanganan Covid-19 bukan hanya informasi akan tetapi harus memalui tindakan. "Informasi cepat, tapi tindakan kita atau pelayanan kita perlu ditingkatkan. Karena SDM nya belum memadai. Penanganan sudah baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Serang Hari W Pamungkas menambahkan bahwa, dirinya mengakui bahwa memang dari sisi SDM ada kekurangan. Namun, untuk sisi respon dan lainnya bagus. "Respon bagus, tapi eksekusinya kurang. Karena masih kurang SDM," kata Hari.

Kemudian untuk pembahasan ini, kata dia, membahas tentang sisi teknologi yang diutamakan. "Tentunya kita akan memperbaiki semua, mulai dari infrastrukturnya kita perbaiki, hadware dan sofware nya juga diperbaiki," katanya.