Tips Atasi Ancaman Cyiber Scurity di Era Revolusi Industri 4.0

Tips Atasi Ancaman Cyiber Scurity di Era Revolusi Industri 4.0

SERANG - Kadis Kominfo Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengikuti webinar yang mengusung tema "Mengatasi Ancaman Cyber Security di Era Revolusi Industri 4.0 yang digelar oleh PT. Krakatau Information Technology (Krakatau IT) yang bekerjasama dengan Defenxor, Selasa 04/08/2020.

Dalam seminar itu disampaikan tips untuk meningkatkan pengetahuan tentang deteksi awal serangan siber, yang merupakan tantangan bagi negara, instansi, maupun perusahaan.

Selanjutnya memperbaiki tata kelola budaya cyber hygiene dan sebagainya, mengevaluasi secara rutin manajemen resiko, memperbaiki program–program keamanan siber, OS upgrade kontinyu ICS monitoring rutin vulnerability assessment dan memperkuat kemampuan penanganan insiden, ICS malware analysis, penguranagan rute digital sampai titik minimum.

"Adapun cara meningkatkan awarness untuk orang awam, didalam perusahaan atau instansi mungkin bisa dimulai dari jajaran top manajemen yang harus lebih aware akan hal ini. Dalam meningkatkan awarness bisa dimulai dengan menggunakan simulasi untuk menjelaskan bagaimana ancaman cyber di era revolusi industri 4.0. Meningkatkan awarness ada 3 cara yaitu Seminar pengajaran, Praktek langsung, Mengalami hal tersebut," papar pemateri dalam seminar tersebut.